Minggu, 28 November 2010

Mendekorasi Dinding Kamar Mandi dengan Keramik Mozaik

oleh: Rasantika M. Seta
Mendekorasi Dinding Kamar Mandi dengan Keramik Mozaik

Mozaik keramik dapat mengubah tampilan dinding kamar mandi yang biasanya polos. Motif mozaik keramik menjadikan dekorasi kamar mandi menjadi lebih asyik. 

mozaik-kamar-mandi
Dinding kamar mandi  perlu juga diberi sentuhan dekorasi. Kamar mandi dengan dinding polos sih sebetulnya boleh-boleh saja. Dinding polos  (terlebih jika warnanya terang) antara lain dapat memberi efek ruang lebih luas dan ruang  lebih bersih.
Motif pada dinding kamar mandi dapat diperoleh dengan penggunaan keramik. Banyak alternatif keramik dinding dapat dipergunakan. Ada keramik dinding bermotif, dan ada pula keramik dinding mozaik (polos dan bermotif).
Kamar mandi pada foto menggunakan dinding keramik kombinasi. Hampir keseluruhan dinding kamar mandi berlapis keramik krem polos. Dinding di balik kloset dilapis dengan keramik mozaik motif tanaman. Warna kedua jenis keramik itu disesuaikan sehingga berada dalam satu tone warna.
Keberadaan mozaik keramik pada salah satu dinding kamar mandi menjadikan suasana kamar mandi lebih dinamis. Kenyamanan visual pun dapat tercipta. Terlebih karena warna dan motif mozaik yang digunakan relatif ramah di mata. Olahan pelapis dinding itu tampil sederhana dengan warna-warna pastel yang lembut. Warna-warna itu mulai dari biru, hijau, dan merah muda yang nyaris tidak berbeda dengan warna dinding dan lantai keramik lainnya. Kalau pun ada warna yang sedikit lebih kuat, adalah warna gelap hitam yang berfungsi sebagai penegas gambar batang tanaman ataupun bentuk daun.
Foto: Dok. iDEA

4 Langkah Menjadikan Kamar Mandi Lebih Lega

oleh: Anissa Q. Aini
4 Langkah Menjadikan Kamar Mandi Lebih Lega
Jika kamar mandi berukuran mungil, coba oleh sehingga tampak lega. Caranya sederhana kok.
Alokasi lahan untuk kamar mandi di rumah biasanya tak terlalu luas. Apalagi di rumah yang memang berukuran kecil. Ruangan sempit, seperti halnya kamar mandi itu seringkali terasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya perhatikan hal berikut:
  1. Siapkan pencahayaan yang cukup. Kamar mandi yang terang, akan terasa lebih lega dan nyaman, dibandingkan kamar mandi yang kurang mendapat pencahayaan.
  2. Ciptakan ilusi dengan cermin. Ini adalah cara yang paling mudah dan banyak digunakan. Aplikasikan cermin berukuran besar di salah satu dinding. Ilusi ini terbukti jitu membuat ruang sempit terasa lebih luas dan lega.
  3. Sesuaikan perangkat kamar mandi dengan kebutuhan. Tak perlu menempatkan bathtub jika memang jarang digunakan untuk berendam, terlebih karena ruang sangat terbatas. Gunakan shower area sebagai pengganti bak mandi. Atau kalau masih ingin menggunakan bak mandi, pilihlah yang berukuran mungil juga sehingga penggunaan ruang bisa maksimal.
  4. Bersih dan rapi. Barang-barang berserakan, membuat ruangan manapun, termasuk kamar mandi tampak sumpek dan tidak nyaman. Oleh karenanya, simpan rapi barang-barang keperluan mandi. Gunakan dinding sebagai area penyimpanan. Tempatkan rak di sana.
Foto: Adrian Mulja

Trik Keramik Akali Ruang Sempit

oleh: Anissa Q. Aini
Trik Keramik Akali Ruang Sempit

Cara pemasangan keramik, terutama keramik dinding, berpengaruh pada tampilan ruang. Tak percaya? Horizontal atau vertikal punya efek berbeda.

Tidak semua orang beruntung memiliki lahan yang cukup luas untuk kamar mandi, bagi mereka, mungkin termasuk Anda, yang memiliki kamar mandi berukuran mungil, jangan berkecil hati. Ada trik menarik untuk membuat si kamar mandi mungil jadi tampak lebih lega. Cuma dengan mengatur penempatan keramiknya.
Pada dunia tata interior, perhatian terhadap penempatan secara horizontal atau vertikal punya efek yang berbeda. Nah, kaidah inilah yang akan kita adaptasi dalam pemasangan keramik. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih keramik yang berbentuk persegi panjang, bukan bujur sangkar. Pilih yang berukuran 33, 3 cm x 66, 6 cm misalnya.
Langkah berikutnya adalah tilik bagaimana keadaan kamar mandi Anda, apa yang menjadi kekurangannya. Apakah Anda menginginkan langit-langit kamar mandi tampak lebih tinggi, atau ruangan tampak lebih lebar?
Pemasangan keramik dinding secara horizontal memberikan efek langit-langit kamar mandi tampak lebih tinggi. Efek yang sama didapat saat kita memasang wallcover  bermotif garis horizontal. Untuk membuat kamar mandi tampak lebih lebar, pasang keramik secara vertikal. Efek yang sama didapat kalau kita menempatkan bingkai foto atau lukisan, sejajar seara vertikal.
Untuk keramik lantai, lebih baik pilih keramik berukuran besar dan berwarna terang. Keramik seperti ini akan membuat kamar mandi tampak lebih lapang. Coba yuk !
Foto: iDEA Online/ Indra Zaka Permana

Kamar Mandi Bersih dengan Cuka dan Baking Soda

oleh: Anissa Q. Aini
Kamar Mandi Bersih dengan Cuka dan Baking Soda
Cuka dan baking soda, bisa jadi penyelamat ketika tiba saat membersihkan kamar mandi. Pakai bahan makanan ini, kotoran bandel pun rontok.
Membersihkan kamar mandi bukan perkara mudah. Apalagi kalau sudah berhadapan dengan noda membandel. Bisa-bisa harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk membersihkannya.
Untuk membersihkan kotoran ini kita dapat saja menggunakan zat pembersih kamar mandi. Beberapa zat pembersih ini boleh jadi handal merontokkan kotoran. Namun, selain itu, zat pembersih ini juga berefek negatif, antara lain bersifat korosif, dapat melukai tubuh, dan gas yang ditimbulkannya berbahaya bagi pernafasan.
Pembersih dari bahan makanan dapat dipergunakan demi hasil yang setara dan efek negatif yang lebih minim. Untuk itu, cukup siapkan cuka dan baking soda. Dalam urusan membersihkan kamar mandi pun, keduanya sangat bermanfaat. Berbagai piranti di kamar mandi, dapat dibersihkan oleh keduanya.
Kloset
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat campuran cuka dan air. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol spray. Semprotkan ke seluruh permukaan kloset. Diamkan beberapa saat, kemudian lap dengan kain atau spons lembut. Sebagai sentuhan akhir, siram bagian dalam kloset dengan cairan anti bakteri. Anda juga bisa mengganti cairan anti bakteri ini dengan cairan pemutih pakaian, yang sudah dilarutkan dengan air.
Showerhead
Campur cuka dan air. Masukkan larutan tadi ke dalam kantong plastik. Masukkan showerhead ke dalam kantong plastik tadi, ikat ujungnya dengan karet gelang. Diamkan selama kurang lebih satu jam. Kemudian buang air campuran cuka. Biarkan air mengalir dari shower selama beberapa detik, untuk membilas. Langkah terakhir, keringkan permukaan shower dengan kain lap lembut. Cara ini dapat membersihkan showerhead dari kerak dan kotoran yang menempel. Bisa juga untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat lubang keluarnya air pada shower .
Bathtub
Bersihkan bathtub secara teratur, agar tidak berubah warna. Bagaimana jika ada noda membandel yang sulit dibersihkan? Seperti beberapa tips sebelumnya, gunakan cuka dan baking soda. Untuk kegiatan membersihkan biasa, gunakan campuran cuka dan air, yang disemprotkan ke permukaan bathtub. Untuk menghilangkan noda membandel, taburkan baking soda bubuk di atas noda. Diamkan beberapa saat, kemudian campur dengan cuka, gosok dengan spons atau sikat halus. Bilas dengan air dan keringkan dengan kain lap.
Foto: Adrian Mulya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar