Minggu, 24 Oktober 2010

Foyer Rumah: Cantik dengan Partisi Anyaman

oleh: Johny H. Kakiay
Foyer Rumah: Cantik dengan Partisi Anyaman

Cuma dengan menempatkan partisi, kita sudah bisa memiliki foyer . Supaya jadi foyer yang tidak biasa, kita buat partisi dengan tampilan unik. Berbentuk anyaman, misalnya.

Siapa tidak tertarik melihat foyer rumah milik James Budiarto dan Marcia Rahardjo ini? Padahal tidak banyak yang bisa dilihat. Hanya sebuah partisi dan tanaman anggrek dalam pot. Ternyata bukan sembarang partisi, melainkan partisi unik dengan ornamen anyam.
Sekilas pandang, mungkin ada yang berpikir anyaman ini terbuat dari kulit sintetis. Tapi kalau melihat warnanya, ada pula yang mengira partisi ini terbuat dari lembaran besi tembaga. Hmm , jadi mana yang benar?
Keduanya salah. Partisi cantik ini terbuat dari anyaman tripleks, yang dibuat seperti anyaman ketupat. Finishing -nya memang menggunakan cat besi semprot berwarna tembaga, itu sebabnya tampilannya seperti lembaran tembaga.
Anyaman multipleks tadi berbingkai balok kayu, yang dibuat dari multipleks 6mm. Balok berukuran 10cm x 10cm ini terikat pada besi hollow berukuran 5cm x 5cm, di bagian tengah balok. Sentuhan akhir pada bingkai adalah cat kayu dengan finishing duco.
Biar lebih menarik lagi, partisi berukuran 115cm x 250cm ini dilengkapi dengan lampu sorot, di bagian atas dan bawah. Cahaya lampu ini membuat detail anyaman semakin terlihat jelas. Warna tembaganya pun semakin tampak "anggun".
Foto: iDEA/ Tri Rizeki Darusman
Lokasi: Rumah James Budiarto dan Marcia Rahardjo, Alam Sutera, Serpong


Bermain Dekorasi dengan Cahaya di Kamar Mandi

oleh: Devi Fadhila Yuliwardhani
Bermain Dekorasi dengan Cahaya di Kamar Mandi

Menghias tidak hanya di ruang utama. Menghias bisa juga di kamar mandi. Permainan Cahaya jadi satu pilihan yang menarik.

Menghias tidak hanya bisa dilakukan di ruang-ruang utama di dalam rumah. Kamar mandi juga ruang dalam rumah yang juga perlu tampil cantik. Dekorasi yang umumnya dilakukan biasanya dengan meletakkan bunga atau pernak-pernik lucu. Di sisi lain, Anda bisa melakukannya berbeda dengan permainan cahaya.
Bermain cahaya menjadi salah satu pilihan yang menarik. Tidak hanya berfungsi sebagai penerangan cahaya juga bisa berfungsi sebagai unsur dekoratif. Tempatkanlah cahaya pada spot-spot tertentu sehingga mampu menciptakan suasana berbeda di kamar mandi.
Dekorasi kamar mandi dengan cahaya dapat dilakukan antara lain pada area berhias. Area berhias yang cantik tentu semakin menambah semangat ketika berdandan. Untuk itu, Anda bisa meletakkan lampu TL yang menempel di sisi cermin. Cahaya yang terpancar di sisi cermin bisa menjadi frame yang menarik.
Rak atau lemari kaca juga bisa diberi sentuhan dekorasi cahaya. Misalnya dengan menempatkan lampu di dalam rak atau lemari. Untuk penerangan yang merata, gunakan lampu TL, dan mengkombinasikannya dengan kaca buram atau sand blast . Kaca sand blast membuat pendar cahaya dari lampu menjadi lebih lembut. Hasilnya memberikan efek yang cantik pada kamar mandi.
Foto: iDEA/Tri Rizeki Darusman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar